Thursday, 1 May 2008

Puisiku (My poem)

Hidup

Berkelana lama sudah tertempuh
Jauh langkah demi langkah terayun
Tiada arah tanpa tujuan satu yang pasti
Entah...
Entah dimana harus semua terhenti
Waktu yang terus berdetak
Detik yang berlalu berdentum
Tanda tidak banyak waktu tersisa
Hidup hanyalah sekali kala
Hidup adalah perhentian belaka
Lantas mengapa masih membuang masa?
Entah..
Entahlah kemana aku harus bertanya
Dimana aku harus berteduh
Mencari satu kenyamanan
Menjawab satu pertanyaan tentang hidup
Dua puluh dua tahun kini sudah berlalu
Banyak yang sudah kulakukan
Tidak sedikit yang belum kuartikan
Hutan rimba makin luas menghadang
Pesisir pantai makin tinggikan ombak
Badai siap menerjang di setiap jenjang
Namun, siapkah aku hadapi ini semua?
Sejujurnya aku hanya seonggok kayu
Yang tak berdaya ketika basah
Yang tak berbekas dilahap api
Tapi aku bukan sebatang pohon
Yang diam tak bernurani
Yang mati tak berdaya
Aku ini belajar dari air
Mengalir tiada henti
Mencari sari dari setiap arti
Mengerti akan hulu dan hilir
Mengikuti segala alur sungai menuju lautan
Menerpa bersama angin menjadi satu kehidupan
Bersama tanah membangun satu kekuatan
Air, tanah, angin, kayu, dan api
Tiada apa bila mereka sendiri
Namun adalah keagungan ketika mereka bersama
Air, tanah, angin, kayu, dan api
Unsur hidupku
Tapi mereka tidakpun teruraikan dalam diri
Mereka bersama
Namun sendiri
Layaknya hidupku ini
Aku ini hanyalah satu kekosongan
Namun, aku juga penuh arti
Karena kosong adalah ada
Dan ada adalah kosong...
Lantas.. untuk apa aku hidup?

Dublin, 1 Mei 2008
Edvyn Andy 'el dios' Wongso©

Life

Been wandering for ages
Far away step by step being swung
No direction without a certain destination
Don't know...
Don't know where everything has to be stopped
Time which always goes one
Seconds goes away by bombing
Assign that not much time left
Life is only once in a while
Life is only a stop by
So why still wasting the time?
Don't know..
Don't know where I should ask
Where I have to shelter
Looking after one convenience
Answering a question about life
Twenty two years have now passed
A lot I have done
Now a few I haven't understood
Great forest gets wider opposing
Seashore gets the waves higher
Storm are ready to attack on any stages
However, Am I ready for all these?
To be honest I'm just a little wood
Which is weak when I'm wet
Which becomes nothing when I'm burnt into fire
But I'm not a tree
Which silences without feelings
Which dies powerfulness
I'm learning from the water
Flowing non-stop
Looking for the essence in every meaning
Understand about upstream and downstream
Following all river path to the sea
Blowing with the wind becoming a life
With the soil to build the strength
Water, soil, wind, wood, and fire
They are nothing when they are alone
However are holy when they are together
Water, soil, wind, wood, and fire
the element of my life
But they are not separated in the body
They are together
But alone
Just as my life
I'm just an emptiness
However, I'm meaningful
Because emptiness is something
And something is emptiness
So... what is the point of life?

Dublin, 1 May 2008
Edvyn Andy 'el dios' Wongso©

Welcome.

Joyeux Anniversaire.

Adios.

With Love,
el dios

No comments: